Saturday 30 July 2016

Things That I Recommend (Books Edition) #1

Hola! Sooo, actually gue udah nulis postingan lain sebelum nulis postingan ini. Udah lumayan banyak sih, tapi tiba-tiba gue dapet ide pas lagi ngetik. Harusnya gue bakal curhat lagi tentang hobi gue hahaha, terus tiba-tiba kepikiran aja buat bikin konten baru di blog gue. Jadi konten ini akan berisi tentang hal-hal yang gue rekomendasikan, entah buku, lagu, film, atau apapun. Akan ada tiga jenis lagu/buku/film/apapun yang akan gue rekomendasikan di setiap postingannya. Konten ini bakal gue pos sesuai jadwalnya, entah setiap tiga bulan sekali, dua bulan sekali, atau gimana liat aja nanti deh. By the way, yang bakal gue rekomendasiin ini mungkin hal yang mainstream buat kalian. So, yeah.

Nah, kali ini gue bakal nulis rekomendasi gue tentang buku dulu, ya. Tapi, don't expect too much. Bacaan gue bukan novel klasik, buku-buku puitis, atau novel detektif yang keren-keren gitu. Buku yang gue baca cuma sebatas novel fantasi, teenlit, dan personal literature. Bacaan yang ringan tapi sebenernya ga juga sih. Lol. Okay, here we go!

P.S. Gue ga punya HP 1 dan 2 :"
1. Harry Potter Series
Oh well, siapa sih yang ngga tau Harry Potter? Lo ga tau? Seriously? You must be a muggle. Lol. Kidding. Novel ini menceritakan tentang seorang penyihir bernama Harry Potter yang baru mengetahui kalau dirinya seorang penyihir saat berulang tahun ke-11. Harry adalah anak yatim piatu. Orangtuanya dibunuh oleh penyihir paling kejam sepanjang masa, Voldemort. Ketujuh buku Harry Potter akan mengajak kita menyaksikan kehidupan Harry di sekolahnya, Sekolah Sihir Hogwarts, dan perjalanan Harry dalam melawan Voldemort.

I have to say that these books are incredible! Gue ngga ngerti lagi gimana caranya J.K. Rowling merangkai kata-kata pas nulis novel ber-genre fantasi ini. Ketujuh buku yang J.K. Rowling tulis ini are truly amazing. Semua bukunya berkaitan dari awal sampai akhir. Rowling benar-benar udah mikirin alur ceritanya dari sebelum Harry lahir sampai punya anak. I give these books 10/10 rate. Buku-buku ini worth to read banget. Really recommended! Oh ya, rata-rata jumlah halaman novel ini adalah 300-an sampe 1000-an, jadi kalo lo ngga sanggup baca buku yang tebal, say good bye ya sama novel ini. Hahaha. Tapi walaupun gitu, temen-temen gue banyak kok yang tahan baca Harry Potter tapi ga tahan baca novel tebal lain. Seriously, alur ceritanya asik banget! By the way, Harry Potter bakal susah buat ditemuin di toko buku. Mungkin cuma beberapa seri yang bisa didapat di sana. Jadi, kalo mau beli, you can find it on online store, ya.

2. Bulan Terbelah di Langit Amerika
Nah, kalo yang ini novel islami yang wajib dibaca umat semua agama tanpa terkecuali. Novel karangan Hanum Salsabiela Rais ini menceritakan tentang serangan ke menara WTC di New York tanggal 11 September 2001. Pelaku serangan ini menabrakkan pesawat ke menara WTC dengan alasan jihad dan mengatasnamakan agama Islam. Setelah kejadian itu, muncullah islamophobia atau rasa takut terhadap kehadiran umat Islam oleh masyarakat Amerika Serikat. Mereka begitu membenci umat Islam. Sehingga beberapa tahun setelahnya, menjelang tanggal 11 September, Hanum yang bekerja sebagai reporter diberi tugas mewawancarai masyarakat Amerika tentang kejadian itu. Selain mewawancarai masyarakat, Hanum juga diberi tugas untuk mewawancarai keluarga orang yang dicurigai sebagai tersangka kejadian 11 September tersebut. Hingga terjadilah konflik yakni masyarakat melakukan demo agar umat Islam dienyahkan dari Amerika. Timbullah sebuah pertanyaan, apakah dunia akan lebih baik tanpa Islam?

Novel ini bagus banget sih. Seriously. Gue dapet banyak banget pengetahuan dari novel ini. Sebelum baca novel Bulan Terbelah di Langit Amerika ini, gue bahkan ga tau kejadian 11 September itu, loh. Saat itu umur gue baru 3 tahun soalnya... Setelah baca novel ini, lo bakal terkesiap dan kagum dengan cara Hanum menuliskan semua perjalanannya di Amerika (yang gue gatau ini kisah nyata apa nggak kayak novel sebelumnya, 99 Cahaya di Langit Eropa, tapi seriously novel ini bagus banget). Ada bagian yang ngebuat gue kaget dan sedih banget sampe nangis waktu tau kenyataan sebenarnya dari kejadian WTC itu (di novel ini). Dan gue pastiin, lo akan temuin jawaban dari pertanyaan di atas setelah lo selesai baca novel ini. I rate 9.5/10 for this book.

3. Perahu Kertas
Everyone knows that Dee Lestari is a good author. Novel pertama karangan Dee yang gue baca adalah novel ini. Perahu Kertas sebenarnya punya cerita yang sangat simple. Sepasang remaja bernama Kugy dan Keenan yang saling mencintai tanpa mengetahui perasaan satu sama lain. Intinya friendzone, lah. Tapi nggak hanya itu, Perahu Kertas juga menceritakan tentang Kugy dan Keenan yang sama-sama mengalami tantangan dalam mewujudkan mimpi dan cita-citanya. Mirisnya, setelah mereka mengetahui kalau mereka saling mencintai, semua sudah terlambat. Ga ada yang bisa diubah lagi.

Who knows novel yang intinya sangat simple ini bisa sangat menyentuh dan sangat berarti bagi pembacanya? Di novel ini kita bakal ngerasain tersiksanya Kugy dan Keenan yang nggak bisa berkata jujur satu sama lain, gimana rasanya mereka mencoba untuk tidak perduli satu sama lain, untuk berpura-pura tidak saling mencintai, dan untuk berusaha mencintai orang lain. Perahu Kertas juga mengajarkan kita untuk tidak berhenti meraih mimpi dan mewujudkan cita-cita kita. Kugy dengan dongengnya dan Keenan dengan lukisannya. Lo yang cowok akan jatuh cinta dengan Kugy dan keunikannya dan yang cewek akan jatuh cinta dengan Keenan dan kejutan-kejutannya. Dee once more did a great job. I give 9.5/10 for this book. Recommended banget!

Well, that's all. FYI, tiga jenis novel yang gue rekomendasikan ini udah dijadiin film semua, loh. Kalo lo ga suka baca, you have to watch them. Tapi as we know, film yang diadaptasi dari novel sometimes akan punya beberapa part yang berbeda dari novelnya. So, yeah. You choose.

Thanks for readinggg. Yuk kasih feedback! Kalian suka ga konten baru gue ini? Ada saran buat next post gue rekomendasiin apa? Atau ada buku yang mau lo rekomendasiin ke gue? Comment down below yaa, it's free kok :p see you soon! Xx

4 comments:

  1. bell gue punya HP 2 doang, doci punya HP 1 doang, barteran aj sama seluruh seri, mau? wkwkwk

    ReplyDelete
  2. alhamdulillah sudah baca semuanya, dan ya memang bagus bangets. recommended

    ReplyDelete