Friday 2 September 2016

Handphone, Trans7, dan Bandung

Hellooo! Aww it's already September, time to back to Hogwarts lol. Oke skip.

By the way, it's a long time no see yaa huhu. Jadi, seperti yang kalian tau (atau ngga), gue sebulan ini bolos dua postingan... hehe maafkan. Bulan Agustus kemaren, gue lagi hectic-hectic-nya ikut kegiatan workshop, kuliah, AIESEC, dan komunitas, jadi mau ngga mau gue ngga ada waktu untuk ngeblog dan kalau ada waktu luang, gue manfaatin buat tidur dan main ig dan chattingan di line dan baca webtoon dan eh... keceplosan. Ya intinya gue ngga sempet ngeblog lah ya huhu.

Nah, di postingan kali ini gue mau cerita kegiatan gue selama sebulan ini. Jadi...

Beberapa hari sebelum pulang ke Palembang untuk kuliah, HP gue rusak. Iya, rusak... Jadi LCD-nya rusak dan layar kayak menghitam gitu sampe setengah layar. Awalnya gue sih biasa aja ya, karena masih ada HP lama yang bisa dipake. Tapi kok lama-lama jadi kangen juga. Doain HP gue cepet sembuh, ya. Aamiin, Lol.

Nah, minggu-minggu awal kuliah, jadwal kuliah gue ngga terlalu padat dan beberapa dosen pun ada yang belum masuk, jadi masih santai. Kebetulan, gue kan jurusan Ilmu Komunikasi tuh, nah di minggu itu emang lagi ada acara seminar dan workshop Trans7 di kampus gue. Jadi semua dosen dan temen-temen yang ikut himpunan mahasiswa lagi sibuk nyiapin acara, gitu. Acara ini emang udah lama gue tunggu, sih. Gue bahkan regis buat ikut seminar dan workshop Trans7 ini sebelum ke Palembang, haha. Soalnya bakal ada pemberian materi mengenai kamera, vokal, editing, dan hal-hal yang berhubungan sama produksi acara televisi lainnya. Bakal ada lomba bikin liputan, lagi. Wuih! Terus pas hari H, gue sama temen-temen langsung ke tempat pelaksanaan acara pagi-pagi. Hari pertama adalah seminar dan pemberian materi serta talkshow bersama presenter Trans7. Seru, sumpah. Gue jadi tambah termotivasi buat kerja di stasiun TV whaha.

Nah di akhir acara hari pertama ini, peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk lomba liputan dan gue kedapetan kelompok 6, dan beruntungnya, di kelompok itu ada temen deket gue sendiri hahaha. Soalnya, yang ikut acara ini bukan cuma anak Ilmu Komunikasi aja, tapi ada yang dari jurusan lain bahkan universitas lain juga. Setelah dibagi kelompok, kami diberi pengumuman mengenai tema dan mentor. Anehnya, dari pembagian kelompok sampai pengumuman tema dan mentor, kelompok 6 selalu disebut terakhir. Jadi, semua orang udah ngumpul sama mentornya, kita masih kebingungan nungguin nama mentor. Dan ternyata... mentor kami adalah Roland Lagonda! Bang Roland adalah presenter Redaksi di Trans7 dan orangnya ramah banget, terus ganteng... Ahaha. Jadi pas denger nama Bang Roland sebagai mentor, kami kayak kesenengan banget gitu lol. Nah untuk tema, kami dapat tema cosplay. Lucu, kan?

Besoknya, gue dan tim datang jam 6 pagi ke tempat acara dan langsung briefing. Oh iya, gue di sini sebagai campers atau camera person. Setelah briefing, liputan pun dimulai. Awalnya sempet panik karena komunitas cosplay-nya agak terlambat datang. Tapi alhamdulillah, liputan berjalan lancar. Proses editing pun juga. Nah, waktu pengumpulan video liputan dan pas lagi nungguin pengumuman pemenang, salah satu editor di kelompok kami bilang kalau dia lupa apakah file musik di video udah dipindahin dari handphone ke komputer tempat editing atau belum. Biasanya, kalau file-nya belum dipindahin, waktu proses penyimpanan ke dalam bentuk video, file-nya akan hilang. Nah, padahal file musik itu adalah salah satu komponen penting dalam video. Jadi kami kayak yang udah pasrah dan harap-harap cemas waktu penampilan video setiap kelompok. As always, video kita ditampilin di urutan terakhir dan syukur alhamdulillah-nya, file musiknya ada! :') bahkan semua peserta, kru, dan panitia acara kayak terhibur dan seneng nontonin video kami. Di sana aja kami udah bersyukur banget, yang penting ngga ada kesalahan yang fatal aja.

Nah pas pengumuman pemenang, kami lumayan berharap, sih. Karena video kami konsepnya beda dengan video-video liputan yang lain karena kami memasukkan gimmick di videonya (thanks to Bang Roland!). Deg-degan, sih. Mana pengumumannya lama banget sumpah. Juri-juri kayak kebingungan menentukan ketiga juara. Nah, saatnya pengumuman. Juara ketiga dan kedua udah diumumkan, tapi nama kelompok kami ngga juga disebut-sebutkan. Waktu juara pertama diumumkan, host acara nanya kira-kira siapa yang bakal menang, dan semua orang kayak ngomong "Kelompok 6!"... Duh, itu terharu banget sumpah. Dan ternyata...

...

Kami beneran menaaaang! Alhamdulillah. Itu rasanya seneng banget, apalagi kami udah berusaha semaksimal mungkin dalam liputan. Kelompok 6? Juara!
Yeay!
Menang, dapet tiket Amazing Run gratis, ketemu lagiii!
Selesai kegiatan workshop, gue pergi ke Bandung untuk ikut acara National Leadership Conference (NLC) yaitu acara konferensi nasional yang diselenggarakan organisasi yang gue ikutin, AIESEC. Ini adalah kali pertama gue ke Bandung dan it was fun! Suasananya sejuk bahkan dingin, gue jadi berasa di rumah haha. Terus, kotanya apik dan tertata rapi. Sayangnya sih, gue ngga sempet jalan-jalan karena kegiatan yang diadakan tiga hari dua malam itu padet banget, jadi cuma bisa ke Gedung Sate. Tapi, conference-nya nyenengin banget! Gue dapet banyak ilmu marketing (karena gue di bagian marketing) dan dapet banyak temen dari berbagai universitas. Pokoknya seru dan pengalaman yang ngga bakal dilupain, lah!
Abis jalan-jalan, besoknya langsung 3 hari kegiatan... :')
Well, that's all. So now you can see why i'm so busy this month, right? Hehe *masih aja ngeles*. Nah, gantian nih. Kalian ngapain aja selama sebulan ini? Kangen ngga baca blog gue? Lol. Komen di bawah, yaa! Komentar dari kalian akan sangat berarti buat gue. Hehe. Thanks for reading and see you!

No comments:

Post a Comment