Tuesday 17 May 2016

Hoy AIESEC!

Good evening, everyone!
So today i'll tell you 'bout my lovely organization elee haha, AIESEC!
Yap, sesuai janji gue kemaren, gue bakal ceritain pengalaman gue di AIESEC dari daftar sampe jadi member kayak sekarang, yeay! Btw, ini gue cerita dari awal loh ya... Jadi postingannya bakal panjang banget, gatau juga kalian mau baca apa ngga:( haha, baca yaa! *maksa*

Eh tapi sebelumnya, biar nyambung, gue jelasin dulu ya AIESEC itu apa. AIESEC adalah organisasi internasional di 128 negara dan merupakan organisasi pemuda terbesar di dunia. AIESEC ini adalah organisasi yang bertujuan untuk mengembangkan jiwa leadership di diri para pemuda. Nah, AIESEC di Indonesia ini ada di beberapa daerah yaitu Jakarta, Padang, Surabaya, Solo, Purwokerto, Medan, dan lainnya termasuk daerah di mana gue kuliah yaitu Palembang. Nama Local Committee di Palembang ini adalah AIESEC in UNSRI. As you know, gue kuliah di UNSRI and that's why i join AIESEC in UNSRI. Sebenarnya gue tau AIESEC dari kakak gue dan dia juga mahasiswi UNSRI. Jadi yaah gitulah. Oh iya, bukan cuma mahasiswa UNSRI kok yang bisa ikut AIESEC. Mahasiswa lain pun boleh, asal lulus recruitment yaaa haha.

Gue lanjut cerita ya. Jadi awal-awal kuliah tuh gue lagi gencar-gencarnya ikut pendaftaran organisasi ataupun UKM di kampus. Nah karena gue udah lama follow media sosialnya AIESEC dan udah lama nunggu open recruitment-nya, gue kepoinlah medsosnya dan dapet informasi kalo AIESEC buka member recruitment. Jadi gue sama temen-temen gue yang tertarik ikut AIESEC besoknya pergi bareng ke booth AIESEC buat daftar. Abis daftar, kita langsung diinvite ke grup open recruitment AIESEC. Nah setelah beberapa minggu, diadakanlah info sesi. Info sesi ini adalah acara di mana kita diberi informasi tentang AIESEC secara singkat. Di info sesi jugalah kita akan mengumpulkan formulir atau yang sering disebut booklet ke panitia. Besoknya (hari minggu) kita langsung ke tahap selanjutnya yaitu FGD atau Focus Group Discussion. Nah di sini beberapa temen gue akhirnya ada yang ga jadi ikut gara-gara jadwalnya bersamaan sama acara lain. Sedih. Huhu.


Di FGD ini dikumpulkan beberapa orang dan dibentuklah kelompok-kelompok. Setiap kelompok akan didampingi dua orang dari AIESEC untuk menilai setiap individu dan untuk jadi moderator. Nah, salah satu pembimbing kelompok gue adalah President AIESEC UNSRI itu sendiri! Asikkk haha. Awalnya, semua kelompok keluar ruangan untuk diberi permasalahan yang harus kita cari penyebab dan solusinya dan kita diberi waktu sekitar 15 menit (kalo ga salah). Setelah 15 menit, beberapa kelompok dipanggil untuk masuk ke ruangan lagi. Ternyata FGD ini dibagi menjadi dua sesi. Nah, kebetulan kelompok gue kebagian sesi yang pertama. Kalo gue ga salah, topik yang diberikan untuk kelompok gue adalah kemiskinan. Jadi pas FGD gue dan teman-teman berdiskusi untuk mencari solusi bagaimana kita sebagai pemuda mengatasi masalah kemiskinan yang ada di dunia, khususnya di Indonesia. Setelah selesai FGD, kami diberi pengarahan dan diskusi untuk jadwal interview.

Oh iya, ini foto saat selesai FGD!

Foto ini diambil dari lantai 2. Hahaha

Nah, gue ada cerita lagi nih. Jadi, karena hari senin itu gue dan temen-temen ga ada jadwal kuliah, kami sepakat buat ambil jadwal interview pas hari senin pagi. Nah, cara nentuin jadwalnya adalah panitia akan nyebutin hari dan jam interview dan yang angkat tangan pertama kali akan interview pada hari dan jam tersebut. Jadi, gue dan temen-temen gue sepakat buat ngangkat tangan bareng. Maksudnya biar interview-nya bareng gitu dan bisa tunggu-tungguan. Nah sialnya, waktu jadwal pertama disebut, gue langsung sigap angkat tangan... dan gue yang dipilih buat yang pertama interview dari sekian banyak orang itu. Gue masih tenang, nih. Karena temen-temen gue dapet giliran setelah gue dan gue pikir bakal tetep bareng temen gue interview-nya. Eh ternyata... Interview-nya per orangan dan berlangsung selama satu jam... dan lagi, interviewer-nya beda-beda orang per-jadwal! Mpus. Udah dapet giliran pertama, ga ada temen pula. Di sana tuh gue mulai panik. Semalaman hampir ga bisa tidur dan sibuk googling pertanyaan yang mungkin ditanyain pas interview tadi. Gue sampe nanya temen gue yang ikut AIESEC di universitas lain di Jawa loh haha.

Gue masih ingat jadwal interview gue adalah hari senin jam 10. Dari jam 8 gue udah siap, tuh. Terus sampe ke tempat interview (office-nya AIESEC) jam 10. Sumpah itu heart attack banget lah... Eh setelah interview berlangsung, ternyata santai aja dan berjalan lancar. Alhamdulillah.

Nah, tibalah hari pengumuman. Eaa. Ini lagi yang bikin heart attack. Duh. Pengumumannya malem dan diumumin oleh ketua panitia atau sering disebut OCP (Organizing Committee President) lewat grup open recruitment tadi di Line. Teknis pengumumannya adalah OCP mengirimkan poster yang berisi nama-nama orang yang lulus ke grup. Total posternya ada dua. Tangan gue udah dingin banget tuh, deg-degan pula. Poster pertama gue liat... Ga ada nama gue. Ya udahlah, jangan berharap banget, pikir gue. Eh pas poster yang kedua dibuka dan gue telusuri nama-namanya... ternyata, gue lulus. Alhamdulillah. Terus abis liat nama gue, gue cari nama temen-temen gue. Ada yang lulus, ada yang nggak. Hm. :(

Oh iya, ini posternya. Nama gue di nomor 35, tuh!



Nah, setelah pengumuman, kami langsung diinvite ke grup AIESEC. Setelah semua orang yang lulus masuk di grup, Vice President of Talent Management atau bagian yang mengurusi member-member mengumumankan bahwa setelah tahap announcement ini kami punya satu acara lagi yaitu...

Sriwijaya Youth Conference!

Sriwijaya Youth Conference atau yang sering disebut SYC ini adalah acara di mana kita akan menginap selama 3 hari 2 malam di sebuah tempat dan kita akan mendapatkan pengetahuan yang lebih mendalam tentang AIESEC. Looks like penggladian seperti organisasi lainnya, tapi ini ga pake kekerasan dan marah-marah, malah kita akan have fun banget!

Nah jarak waktu dari pengumuman ke SYC ini adalah 3 minggu. Supaya euphoria karena keterima as member of AIESEC-nya ga hilang, diadakanlah Welcoming Party. Jadi di Welcoming Party ini awalnya kami berkumpul dan perkenalan dulu. Setelah chit chat dan makan-makan, akhirnya kita ke acara inti yaitu main game! Ahaha. Ini nih foto pas Welcoming Party:

Newie and Active Member

Nah, dua minggu setelahnya diadakanlah SYC. SYC ini seru banget, loh! Ini yang buat gue bertahan jadi member AIESEC sampe sekarang ele. Jadi selama 3 hari itu kita akan diberi dresscode yang unik-unik. Kalo SYC kemarin, hari pertama dresscode-nya old-fashioned, hari kedua denim, dan hari ketiga batik! Nah, setelah sesi tentang penjelasan AIESEC di SYC ini, malamnya kita akan refreshing. Biar ga mumet gitu. Haha. Hari pertama itu acaranya adalah Pajamas Party dan hari kedua yaitu Gala Party! Dresscode buat Pajamas Party adalah (tentunya) piyama dan di Gala Party yaitu dress/kemeja/jas berwarna pastel. Udah ah, nanti kepanjangan ceritanya. Haha. Ini dia beberapa foto pas SYC:

Full of Denim!

Batik Day!

Gala Party

Seru kaaan? Haha. Setelah selesai SYC, muncullah kesempatan atau yang sering disebut opportunity untuk apply di suatu posisi di AIESEC. Jadi AIESEC UNSRI ini punya teknis tersendiri untuk mendapatkan jabatan di dalamnya. Nah, gue dan temen-temen lain kan udah lulus jadi member lewat semua tahap yang gue jelasin tadi, tapi kami hanya lulus sebagai seorang member, bukan mengisi suatu posisi di AIESEC ini. Lah, jadi kalo pengen dapet jabatan terus gimana? Ya isi booklet dan interview lagi, dong! Nah karena inilah secara tidak langsung kita akan dapat development yaitu udah terbiasa interview sehingga nanti pas udah mau ngelamar kerja ga bakal kaget lagi, gituuu. Gue udah banyak apply di AIESEC. EP Mentor OGCDP, OC Delegates Service Youth Speak Forum, Staff Public Relation, OC Sales Youth Speak Forum, dan Staff Digital Public Relation. Kok ada yang double gitu, Bel? Iya, jadi gue udah gagal tiga kali, gaes. Yang pertama EP Mentor, kedua OC Delegate Service YSF, dan ketiga Staff Public Relation. Karena posisi OC pada YSF belum terisi semua, diadakanlah 2nd round. Gue apply lagi tapi sebagai OC Sales dan alhamdulillah lulus. Dan begitu juga dengan Staff Digital PR, posisinya belum terisi dan gue apply lagi, dan alhamdulillah-nya kepilih juga. :')



Oh iya, 4 hari yang lalu gue dan YSF team baru aja ngadain Palembang Youth Speak Forum buat pertama kalinyaaa! Alhamdulillah it runs well walaupun awal-awal persiapan kami lumayan gelagapan. But we made it. Yeaay!

YSF Team and President of AIESEC UNDIP as Coordinator

Dari dua role (jabatan) gue di AIESEC ini, gue memahami kalo semua pekerjaan itu butuh kekonsistenan, tanggung jawab, dan usaha keras dari orang yang melakukannya. Satu lagi yang paling penting adalah kerja sama tim. Gue bangga banget udah jadi bagian YSF Team of AIESEC UNSRI. Gue bangga banget jadi Digital PR Staff of AIESEC UNSRI. Gue bangga banget jadi member AIESEC. The reason why i love this organization because i can feel something that i don't know previously. AIESEC taught me many things that i don't realise previously. So proud of you, AIESEC!

Buat yang mau nanya-nanya tentang AIESEC bisa langsung komen di bawah yaa, gue bakal jawab semampu gue. Terima kasih sudah membaca. See you!


***

Update: maafin banget, gue salah kasih info. Untuk member AIESEC UNSRI yang masuknya lewat recruitment, itu cuma untuk mahasiswa UNSRI dan POLSRI (Politeknik Sriwijaya) aja. Kalau mahasiswa lain bisa jadi member melalui jalur exchange. Thank you! :)

***

Hi! I'm so happy with the overwhelmed responses of this post. I'm currently in my 3rd year in AIESEC, yes, I'm still being a member of this lovely organization lol. I'll be glad to answer your questions, discussion, and such. Anyway I'm currently being Vice President of Talent Management of AIESEC in UNSRI, surprise! Lol. I grew a lot in this organization and I would like to tell you if you have opportunity to apply in AIESEC, do it! You'll be surprised with your decision later. :)

***
Updated: 16 September 2020

Hi (again)! I'm here to say my final good bye to this post's readers. I've graduated last year and finished my role in AIESEC earlier this year so I don't think I can answer questions regarding to AIESEC anymore since I'm currently hiatus on social media and doing another things in real life. I believe there are many AIESECers (AIESEC members) who will gladly help you guys with those questions. Thank you for reading my post because it gave me so much confident in writing and I am glad if this post can help you in joining AIESEC. I wish you all the best for the recruitment and your AIESEC journey after this. Once more, thank you so much and I'm so sorry that this post is the only thing I can help you with in preparing your AIESEC recruitment. Good bye! :)

43 comments:

  1. Assalamualaikum Nabiellah, perkenalkan aku Lia Rahmi dari Universitas Negeri Semarang, aku mau tanya, Medsos-nya AIESEC yg nggak hoaks apa aja ya? soalnya aku udah daftar AIESEC lewat webnya:aiesec.or.id,aku daftar dgn mengisi form registrasinya, tapi aku nggak tau itu aku daftar untuk jadi apanya.., kalo aku daftar yg di webnya aiesec tsb itu aku daftar jadi apa sih bel? aku masih blm ngerti.., hehe :). Kalo di Semarang, univ. yg udah terdaftar jadi member AISEC itu baru UNDIP dan UNS, UNDIP itu yg terdekat, lalu kalo aku di jawa tengah ini, Medsos-nya AIESEC di Semarang dan di Palembang itu beda nggak bel?
    Ditunggu jawabannya Nabiellah :)
    Terima kasih :) Wassalamualaikum :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam, Liaaa. Buat yang di website AIESEC, aku kurang tau juga registration form-nya buat daftar apa huhu. Maaf, ya. Tapi kalau medsos AIESEC UNDIP, langsung aja ke IG-nya, @aiesecundip. Medsos setiap Local Committee (such as UNDIP, UI, UNSRI) itu beda-beda, Lia. Kalau yang sama itu medsos AIESEC Indonesia, IG-nya @aiesecindonesia. Untuk mendaftar as member, kamu bisa liat informasi open recruitment-nya di medsos AIESEC UNDIP ya, dikarenakan itu yang terdekat sama kamu, kan. Jadi kalau mau daftar, tergantung sama AIESEC UNDIP-nya sendiri kapan open recruitment, gitu Lia. Sama-sama yaa, maaf baru balas, soalnya baru cek blog lagi hehe. Waalaikumsalam ;)

      Delete
  2. Assalamualaikum..
    Mbak bella saya indra dari univ. Muhammadiyah palembang, saya mau tanya tentang open recruitment aiesec itu kapan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaykumsalam. Halo Indra! Untuk AIESEC UNSRI, kita belum tau akan open recruitment tahun ini atau ngga. Jadi pantengin aja terus media sosialnya AIESEC UNSRI ya, khususnya ig, sih. Username-nya @aiesecunsri. Terima kasih sudah bertanya!

      Delete
  3. Assalamualaiku mbk, mau tanya, kalau institusi kita buat dijadiin tujuan member AIESEC luar bs ga ya mbk. kl bisa, prosesnya harus gimana. mohon pencerahannya mbk. mohon di replay ke franslp3iplg@gmail.com. makasih banyak ya mbk sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. waalaykumsalam. institusinya berupa apa ya mas? bimbingan belajar apa gimana? oh iya, ini daerahnya di Palembang kan ya?

      Delete
  4. Wah ini info yg selama ini aku cari-cari. Kebetulan banget aku pengen masuk UNSRI dan daftar AIESEC. Doain ya kak semoga aku bisa di terima di UNSRI. Tahun ini aku lulus.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank youu! senang bisa membantu. aamiin, semangat ya! :)

      Delete
  5. Hi, makasih ya infonya sangat membantu, tp aku ada pertanyaan karena belum begitu paham,
    1. Apakah yg bisa daftar AIESEC hanya yg Univ nya ada perwakilan aja? Misal di univ ku gaada AIESEC nya trs apa aku bs dftr? Kalo bs bgmn ya hehe
    2. Wawancara seleksi nya itu seperti apa yaa? Apa klo gagal lolos tes seleksi wawancara masih bs gabung ga di kesempatan berikutnya???

    Sebelumnya terima kasih bnyk dan maaf bgt aq bnyk nnya heheh. Mhn bantuan jawabannya hhe thanks kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo!

      1. tergantung sama AIESEC yang ada di universitas itu. untuk di UNSRI, yang bisa mendaftarkan diri sebagai member atau Global Leader itu hanya mahasiswa UNSRI dan POLSRI. tetapi, kalau untuk exchange participant, itu boleh dari universitas manapun. nah, kamu bisa ambil jalur ini juga, ya. atau silakan tanya dengan member AIESEC yang ada di kota kamu.
      2. lebih ke kepribadian dan awareness serta pengetahuan kamu tentang isu-isu yang sedang berkembang sekarang. kembali lagi ke universitas masing-masing, nih. kalau di AIESEC UNSRI, kita ngga pake sistem gugur. jadi semua langsung diinformasikan saat pengumuman. kalau misalnya ngga lulus, bisa jadi karena wawancara atau FGD atau juga yang lainnya.

      sama-sama yaa, senang bisa membantu! :)

      Delete
  6. Assalamu'alaikum kak!
    Aku girang sendiri abis baca pengalaman kakak di AIESEC karna aku tadinya ngira di UNSRI ga ada AIESEC hehe. Btw aku camaba angkatan 17, FKM UNSRI kak hehe. Aku mau nanya nih, AIESEC ganggu kuliah kakak ga? Gimana cara bagi waktunya? Selain itu, kakak ikut UKM lain ga? Satu lagi nih, kakak punya kontak yg bisa aku hubungin? Aku penasaran banget sama AIESEC hehe, thanks a lot before! Wassalamu'alaikum

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo! waalaykumsalam. wahhh congratulation yaah :3 sejauh ini, sampe aku semester 5 sih aku ngerasa aman-aman aja ya, malah AIESEC jadi ngebantu aku untuk lebih PD di kelas dan bahkan bisa dapet ilmu yang lebih daripada temen-temen kuliah aku, kayak marketing, analisis orang, dll. untuk waktu, kuliah aku lumayan senggang sih. tapi kalo lagi sibuk, aku lebih utamain yang lebih penting dulu. terus aku saranin juga mending kamu bikin agenda gitu deh, dan mulai bagi jadwal di sana. aku ikut organisasi di luar universitas, dan so far itu juga tetep jalan. kamu bisa dm IG aku aja ya di nabiellahyst. nanti kita cerita-cerita di sana. samasamaaa! waalaykumsalam. senang bisa membantu :)

      Delete
  7. kak aku mau tanya sedikit nih, kira kira persyaratan yg 'paling' umum utk join di AIESEC unsri selain kitanya mahasiswa unsri itu apaan y kak? yg secara garis besar aja....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo untuk jadi member ya cuma mahasiswa UNSRI/Politeknik Sriwijaya, daftar di booth, isi formulir, ikut FGD, dan interview. udah itu doang :D

      Delete
  8. Hi..nabiellah, thanks for the info :) Aku mau tny nih ttg program exchange participant. Kalo AIESEC Unsri lagi open recruitment buat mahasiswa Unsri dan Poltek, apakah akan ada exchange participant nya juga untuk mahasiswa (diluar Unsri dan Poltek)? Dan satu lagi pertanyaan nya hehe apakah harus mahasiswa semester awal saja yg ikut atau mahasiswa semester akhir juga boleh apply buat jadi anggota? Thank you~

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloo. senang bisa membantu. iyap! untuk exchange, mahasiswa universitas manapun di palembang bisa ikut kok. bahkan setelah pulang exchange, kamu bisa otomatis jadi member aiesec unsri. kalo kamu bukan mahasiswa unsri/polsri, it means kamu jadi member aiesec unsri pertama di univ kamu! untuk member, boleh kok. tidak ada batasan umur dan semester. asal kamu mahasiswa unsri/polsri yaaa. sama-sama! :3

      Delete
  9. pertanyaan-pertanyaannya kaya apasih kak? aku pengen banget ikut organisasi kaya gini buat ngebangung softskills ku. tips nya dong kak biar bisa keterima. makasiiiiih

    ReplyDelete
    Replies
    1. haiii! hanya seputar kepribadian diri kamu dan pengetahuan tentang world issues, kok, biasanya. semangat!

      Delete
  10. Halo bella, aku moty dari AIESEC Unhas , role in IGV

    So inspiring banget cerita kamu, semangat ya ;)

    ReplyDelete
  11. halo kak, mau nanya dong kalo buat oprec AIESEC regional kepulauan riau di mana ya?
    terima kasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai! sayang sekali, untuk sementara, di Sumatera hanya ada AIESEC wilayah Palembang, Padang, Lampung, dan Medan (sedang vakum) nih :(

      Delete
  12. Apakah ketika kita sdh jadi member aisec, apakah kgiatan kshrianya pakai b.inggris ya kak ? Atau b.indonesia jg bleh ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk kegiatan sehari-hari tetap berbahasa Indonesia/daerah, kok! kecuali kalau sedang bertemu exchange participant, tentunya harus pakai bahasa Inggris yaaa :D

      Delete
  13. AIESEC ini registrasinya bayar yak? Atau bayar di AIESEC pusat dulu gitu kalo may jadi member atau begimana ya? Lalu kalo boleh tau nominalnya berapa ya? Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung, sesuai dengan Local Committee masing-masing. jadi memang ada yang bayar dan tidak. untuk menjadi member, silakan langsung ke AIESEC wilayah/universitas terdekat, yaaa. dan kalau bayar, biasanya pendaftaran registrasi sama dengan UKM lainnya, yaitu berkisar 30-50 ribu. semoga menjawab!

      Delete
  14. Hai kak, aku mau nanya perihal wawancaranya kak. Apa pas lagi wawancara itu memakai bahasa inggris? Dan materi yang ditanya perihal apa aja ya kak? Terimakasii salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. halooo! tergantung AIESEC di setiap univnya masing-masing, yaa. tapi kalo AIESEC UNSRI dan beberapa AIESEC lain, setauku pake bahasa inggris. sebenernya yang ditanya lebih ke kepribadian kamu, sih. dan paling isu-isu yang ada di sekitar juga. salam kenal!

      Delete
  15. Hi, kak! Aku Icha maba HI unsri 2018. Thank you banget buat ceritanya. Jadi makin tertarik ikut aiesec. Salam kenal kakak;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai ichaaa! maaf baru bales :") happy to see you as new member of AIESEC UNSRI thooo!

      Delete
  16. Kaaa boleh minta ig? Mau nanya tapi di DM aja hehe

    ReplyDelete
  17. assalamualaikum, mba saya izin bertanya
    untuk wawancara dan fgd yang dilakukan menggunakan bahasa inggris ataukah bahasa indonesia? terimakasih banyak mbak

    ReplyDelete
  18. Hai ka. Apakah AIESEC itu hanya bisa di ikuti oleh mahasiswa? Apakah alumni masih bisa? Atau gimana yah ka... trimakasih ka

    ReplyDelete
  19. Hai kak, kalau boleh tau waktu fgd tu diskusi pake bahasa inggris juga??

    ReplyDelete
  20. Hii kak, mau tanya, pelaksanaan SYC itu kan 3 hari 2 malam?, Itu waktu nya kapan ya kak? Saat kita kuliah atau libur stelah uas? Ditunggu jawabnnya kak, terima kasih..

    ReplyDelete
  21. halo min untuk domisili surabaya ada ga ? tq

    ReplyDelete
  22. Kak cara daftar jadi staff aiesec gimana ya' apakah kita harus menjadi member dulu atau gmn?

    ReplyDelete
  23. Halooo kak, salam sejahtera.
    Tahap interview itu apakah menggunakan bahasa asing ?

    ReplyDelete
  24. Hallo ka, ka aku mau tanya, untuk bisa daftar AIESEC itu harus mahasiswa ka? Jurusannya bebas? Dan harus bisa bahasa Inggris? Terus kalo udh join jadi member nya kalo kita kaya yg mau di luar negri itu biaya nya kira2 berapa ya ka? Aku pengen banget join ka

    ReplyDelete
  25. Hi kak nabil, untuk universitas swasta apakah bisa mendaftar ya? Daftar nya dimana dan ? Kira2 program apa saja yang bisa ?
    Terima kasih kak

    ReplyDelete
  26. hai kak aku mau tanya, Daftar AIESEC di unsri bayar ga kak? kalo iya berapa kak? terus kalo mau ikut exchange atau magang ke luar negeri itu bisa lewat AIESEC ga kak? dan kalo ke luar negeri, biayanya di tanggung pihak organisasi atau kita sendiri kak? terimakasih kita

    ReplyDelete
  27. Hallo kak untuk seputar LGD itu biasanya seputar apa ya..?
    Than u

    ReplyDelete