Tuesday 17 May 2016

Kuliah, Emang Seburuk Itu?

Haloo selamat malam! Selamat libur panjang peeps ahaha. Seneng ga? Seneng ga? Yha.

Gue sih seneng, tapi liburnya masih ada kegiatan, jadi kayak kurang berasa liburnya. Tapi alhamdulillah... Karena hari Sabtu gue emang ga ada kuliah, jadi nambah sehari udah seneng sih. Akhirnya ada libur 3 hari berturut-turut. Nasib anak kuliahan. Yha.

Kalo gue ga salah, anak kelas 1 dan 2 SMA lagi libur ya? Yang kelas 3 mau UN ya? Wah, ga kerasa, ya. Udah hampir setahun dari gue ujian nasional SMA kemaren. :')

Jadi, gini... Malam ini, gue mau sharing sama anak kelas 3 SMA yang sebentar lagi masuk dunia perkuliahan (buat yang mau kuliah), nih. Ga cuma buat yang kelas 3, ya. Buat yang lain yang pengen tau dunia perkuliahan juga boleh baca, kok! ((((Ya iyalah, Bel.)))

Langsung aja, ya. But first, I warn you, postingan gue kali ini gonna be a long story. So, watch out! Jangan bosen ya bacanya haha.

Nah.

Selama ini kalian sering ga sih denger atau baca omongan orang yang bunyinya "Kuliah itu ga kayak yang di FTV"? Sering ya? Sering kan? Ya kan? *maksa*

Sumber: collegelife.about.com

Kalian ga perlu takut/khawatir gimana perkuliahan kalian nanti gara-gara omongan ini, ya. But actually, gue juga sempet khawatir kuliah gara-gara ini, loh. Wakaka. Gue ceritain dari awal, yaa.

Perjuangan gue buat kuliah lumayan panjang sih. Buat pertama kalinya, gue keterima beasiswa tingkat 2 di universitas swasta yang berbasis internasional, tapi ga gue ambil soalnya itu baru masuk kelas 3 SMA dan batas daftar ulang universitas itu cepet banget yaitu pas bulan Desember dan gue  masih mau ambil universitas negeri tentunya. Kemudian waktu kelas 3 semester 2, gue coba daftar universitas swasta di Jogja yang udah gue incer sejak lama kalo misalnya gue ga dapet negeri, tapi gagal. Terus di SNMPTN gue milih universitas negeri yang sangat terkenal di Jogja (lo pasti tau apa) dan gagal juga. Saat itu gue biasa aja, ga berharap sama sekali malah, karena gue tau ga bakal masuk. Mungkin karena terlalu pesimis jadi Allah ga ngabulin doa gue kali ya, ga bagus juga nih sifat gue. Jangan ditiru please.

Setelah itu gue ngirim berkas ke universitas swasta di Jogja, tapi bukan universitas yang gue incer tadi, dan alhamdulillah gue lulus. Gue bersyukur banget ini, akhirnya ada pegangan universitas. Terus waktu SBMPTN gue milih dua universitas di Jogja tapi bukan yang gue pilih pas SNMPTN tadi. Pasti ketebak, kok. Haha. Dan gue gagal juga. Yang ini gue sedih, sih. Apalagi gue saat itu buka pengumumannya setelah buka puasa. Untung udah makan. Kalo belum, pasti ga mau makan gue. Rugi dong. Lah. Tapi sedihnya sebentar, sih. Abis nangis gue langsung pergi tarawih sama keluarga gue ke musholla. Haha.

Nah, setelah tes SBMPTN waktu itu, gue langsung ikut tes mandiri universitas terkenal di Jogja tadi dan waktu pengumuman gue gagal lagi. Gue juga ikut tes mandiri melalu nilai SBMPTN di 2 universitas di Solo dan lagi-lagi gagal. Terakhir, gue udah nyerah banget. Yaudahlah, swasta aja. Nah, gue mutusin buat daftar ulang universitas swasta itu pas udah hari-hari terakhir, dan ternyata... ATM -nya error. Ga bisa kirim uang daftar ulang. Mpus. :(

Di sana gue bingung banget, gue ga tau kalo saat itu universitas nutup server untuk daftar ulangnya karena lagi libur. By the way, itu posisinya lagi libur menuju hari raya idul fitri, H-3 kalo ga salah. Padahal tanggal berlaku daftar ulang masih 4 hari lagi. Pikiran gue saat itu adalah gue bakal nunda kuliah setahun. Itulah saat-saat yang paling bikin galau. Tapi Ibu gue belum nyerah, dia berencana nitip uang daftar ulang sama tante gue yang tinggal di Jogja dan minta tolong bayarin langsung ke universitas pas udah selesai libur. Setelah itu, gue baru bisa tenang walaupun masih was-was.

Nah, besoknya kakak gue buka website universitas dia. Ternyata, universitasnya masih buka pendaftaran untuk ujian mandiri. Universitas kakak gue adalah universitas negeri di Sumatera Selatan, tepatnya Palembang. Tau kan yaa. Hehe. Jadi gue dan Ibu gue langsung ke bank buat bayar uang pendaftaran, karena saat itu ketentuan dari universitasnya, bayar uang pendaftaran harus lewat teller. As you know, bank tutup. Walaupun ada karyawan di dalam dan kita minta bantu buat transfer, tetep ga bisa katanya. Gue dan Ibu gue akhirnya nyari bank di cabang lain dan tetep ga bisa. Akhirnya, kita nyerah. Malamnya, kakak gue cari informasi lagi di website dan alhamdulilah ternyata bayarnya boleh lewat ATM! Jadi, malam itu kita langsung ke ATM dan bayar uang pendaftaran.

H+3 lebaran, gue dan Ibu gue pergi ke Palembang naik travel. Besoknya gue tes dan malamnya kita langsung pulang lagi ke Bengkulu. Hahaha. 3 hari setelahnya (if i'm not mistaken), pengumuman ujian mandirinya keluar. Tapi setelah sahur dan sholat subuh, gue langsung tidur. Jujur gue ga berani buka. Takut gagal lagi sumpah. Akhirnya, setelah tidur-tidur ayam(?), gue kebangun dan denger Ibu gue nyuruh kakak gue buka pengumumannya. Setelah itu, sependengaran gue, kakak gue bilang, "Lulus, Ma!". Deg. Aduh, gue salah dengar ga ya? Gue masih tetap pura-pura tidur, tuh. Untung kamar gue di depan, sedangkan Ibu dan Kakak gue di ruang tengah, kayaknya. Setelah itu, Ibu gue langsung jalan agak cepat ke kamar gue dan meluk gue sambil ngomong, "Lulus Nak, alhamdulillah!".

Ya Allah. Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah.

Gini ya rasanya lulus. Sumpah itu gue seneng banget, padahal selama ini gue sangat mengidam-idamkan kuliah di Jogja. Tapi sekarang terserah mau kuliah di mana, pokoknya gue seneng! Akhirnya, gue jadi mahasiswi. Gue resmi jadi mahasiswi Ilmu Komunikasi Universitas Sriwijaya! :')

By the way itu pengumumannya gue screenshot berkali-kali, loh. Terus website-nya gue cek terus, takut salah baca. Wakaka.

Sebulan setelah pengumuman (kalo ga salah) gue dan kakak gue pergi ke Palembang buat persiapan kuliah dan daftar ulang serta tes kesehatan gue. Setelah beberapa minggu, akhirnya gue mulai kuliah.

Pertama kali kuliah, gue baru kenal sekitar 3-5 orang di kelas dan di kelas gue itu ada 52 orang. Dikit banget, kan, yang gue kenal? Soalnya rata-rata anak di kelas gue dan mostly jurusan gue, sih, itu semuanya anak Palembang dan berasal dari beberapa sekolah yang sama. Jadi awal-awal kuliah mereka masih pada gabung gitu dan gue belum nemu temen yang pas dan nyambung.


Perkuliahan gue saat itu penuh dengan diskusi dan presentasi. Ya, namanya juga FISIP, apalagi jurusan Ilmu Komunikasi. Dan itu semuanya tugas kelompok. Pasti kalian udah tau kan, kalo di satu kelompok itu ada yang rajin dan ada yang errr... gitulah. Nah di sana yang bikin repot. Untunglah masih ada temen-temen yang mau bantuin bikin tugas juga. Dari sana sih, perkuliahan gue agak terasa berat. Eaaa.

Nah, di kampus gue ikut beberapa komunitas dan organisasi. Ada Fotografi UNSRI, Sriwijaya Model United Nations Club, UKM Bahasa, dan AIESEC. Jadi semester 1 gue lagi seneng-senengnya ikut open recruitment komunitas dan organisasi. Alhamdulillahnya, sih, lulus. Tapi, gue hanya aktif di beberapa organisasi sekarang. Bagi waktunya susah. Ahaha.

Setelah UAS, gue libur dan deg-degan nungguin nilai keluar. Dan akhirnya IP gue keluar dan gue dapet IP yang agak kurang memuaskan, bagi gue. Di sana sih yang jadi masalah di kampus, lo ga bakal bisa nebak orang-orang di kelas lo itu dapet IP berapa. Semua tergantung usaha dan nasib.

Nah, dari cerita gue ini, actually cuma satu yang gue pengen bilang sama kalian. Kuliah emang ga sama kayak yang di FTV, tapi kuliah ga seburuk sama apa yang kita bayangkan. I finally feel it now. Perjuangan kalian buat dapet universitas itu yang bikin kalian merasa tugas kuliah itu ga ada apa-apanya dibanding dengan perjuangan kalian ngedapetinnya selama ini. Tentu, pasti orang-orang yang berkuliah itu ngerasa capek, bosan, dan pengen nikah aja. Apalagi sama tugas-tugas yang deadline-nya di hari yang sama, barengan kuis pula. Mpus. Tapi kalo kalian inget perjuangan kalian sebelum dapetin kampus kalian sekarang, percayalah kalian akan sadar kalo perjuangan kalian itu akan sia-sia kalo kalian males kuliah. That works for me.

So, buat kalian yang masih SMA dan takut kuliah cuma gara-gara doktrin kalo kuliah itu mengerikan, trust me, kuliah itu menyenangkan. Kalian bakal dapet temen baru, beradaptasi di lingkungan baru, tau rasanya hidup mandiri karena ngekos (kalo kalian ngekos), tau asiknya berorganisasi, and so on. Yuk, kuliah!

Yaay, that's all. Dikomen yuk, ceritain juga gimana perjuangan dan pengalaman kalian selama berkuliah. Atau ada yang mau nebak universitas mana aja yang ga gue sebut namanya tadi? Ahaha. By the way, I'll tell you guys my favorite organization in college on next post. So, see you!

4 comments:

  1. Keyen yukbel! Sangat memacu saya untuk lebih berjuang meraih bangku kuliah diuniversitas yg saya inginkan. 😉

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaah, thank you Akbar! Semangat yaaa! '-'9

      Delete
  2. WKwkwk amb ajo heran ngapo kau tetibo kuliah di unsri ajo,be hahaha

    ReplyDelete