Wednesday 2 July 2014

Nokia Lumia, Usir Cantik Si Kudet


Selamat sore, pembaca setia. *ehem* *kaya ada yang baca aja*
Apa kabar? Gimana puasanya? Lancar toh, rek? Oke, cukup basa-basinya.


Jadi, bulan puasa ini, gue bakal ngepost postingan gue setiap minggunya pada sabtu siang, ya. Ga mesti sabtu sih, terkadang gue juga ngejer deadline. Pokoknya siang atau sore lah, soalnya malam kan waktunya buat taraweh. Oke?

Hari ini gue bakal bahas masalah handphone. Kalian  pernah ga sih punya satu handphone yang merk-nya itu-itu aja? Pokoknya dari pertama kali punya HP sampe sekarang, saat wabah BlackBerry, Android, dan Windows Phone lo tetep make HP merk itu. Pernah?
Kalo gue sih, pernah. Sampe sekarang, malah.

Yap, Nokia. Bukan, Nokia itu bukan nama cewek. Itu Novia! Nokia adalah perusahaan handphone yang berasal dari Finlandia. Nah, dari gue dikasih HP sampe sekarang, gue tetap setia sama Nokia. Ga cuma gue, semua keluarga gue tetep pake Nokia. Alasannya? Butuh alasan, nih?


Yaudah. Alasannya:
  • Pertama, Nokia itu tahan banting (banget). Sebagai orang yang moodnya sering berantakan kaya gue, Nokia-lah satu-satunya HP yang aman kalo di tangan gue. Errr…
  • Kedua, batere Nokia tahan lama (banget)! Gue sering banget ga nge-charge HP sampe 4 harian gitu. Kerennya, baterenya ga abis-abis, bro.
  • Ketiga, Nokia itu jarang rusak. Bahkan, selama gue pake Nokia, HP gue ga pernah rusak sama sekali. Apalagi gue ini orang yang susah banget ngejaga barang. Jadi, gue beneran cocok lah make Nokia. Haha.

Well, seperti yang gue bilang tadi, gue punya Nokia dari pertama kali punya HP sampe sekarang. HP gue sering ganti-ganti, sih. Tapi ya tetep Nokia.


 
Ini HP gue pas kelas 4 SD, Nokia 1202. - Sumber: Google

Nokia 2600 Classic, HP jaman kelas 6 SD. - Sumber: Google
Ini HP waktu kelas 7, Nokia 6070. - Sumber: Google
Gue lupa kapan makenya, mungkin sekitar kelas 7 semester 2, Nokia 7610. - Sumber: Google
Ini HP yang bener-bener bikin galau, Nokia C3. :') - Sumber: Google
Kenapa bikin galau? Nokia C3 gue yang ini udah hilang, dijambret orang. Hiks. Gue juga udah pernah cerita penjambretan ini di sini.

Nah, sekarang. Gue punya 4 HP. Maklum, pelajar sibuk. *abaikan* 3 di antaranya, ya tetep Nokia. Satu untuk browsing, dan 2 untuk SMS. Ini dia penampakannya.

Ini HP yang gue pake buat browsing, Nokia 110. - Sumber: Google

Nokia 105 - Sumber: Google
Yang terakhir, Nokia 1280. - Sumber: Google

Well, terbukti kan, betapa cintanya gue sama Nokia? Whaha. Nah, baru-baru ini, Nokia ngeluarin HP terbarunya, yaitu Nokia Lumia.


Nokia Lumia 1520. - Sumber: Wikipedia

Keren banget kan, tampilannya? Gue jadi ngiler. *eh
Nah, Nokia Lumia ini adalah salah satu ponsel Nokia yang bersistem operasi Windows Phone 8. Windows Phone 8 adalah generasi kedua dari sistem operasi dari Microsoft. Jadi, kalo selama ini perusahaan handphone lain kebanyakan make sistem android, Nokia make sistem Windows Phone. Ngerti ga? Ngertiin aja, ya. Gue juga ga ngerti, orang dapetnya dari Wikipedia, kok.

Nokia Lumia ini punya banyak kelebihan. 
  • Yang pertama, ukuran sensor kamera utama (kamera belakang)-nya mencapai 20 MP! Kebayang ga tuh, gimana bersihnya gambar yang didapat lewat kamera ini? Gue bisa selfie berjam-jam kalo pake kamera bagus kaya gini, mah. Oh iya, HP ini juga punya kamera depan yang ga kalah bagus, loh.
  • Yang kedua, ukuran layarnya 6 inch. Wuih, gede kan? Buat orang dewasa yang udah kena rabun dekat tetep bisa pake, nih. Kemungkinan typo juga bakalan mengecil. Kan keypadnya ntar juga gede.
  • Yang ketiga, RAM-nya mencapai 2 GB. Dijamin deh, HP lo bakalan jarang kambuh lemotnya. Apalagi, memori massalnya mencapai 32 GB! Duh, kurang apalagi sih, HP ini?

Nah, 3 kelebihan tadi cuma segelintir dari banyaknya kelebihan yang dimiliki Nokia Lumia ini. Kalo mau tau semuanya, klik ini aja.

Buat lo yang belum tau, Nokia Lumia ini punya fitur yang bisa ngebantu supaya lo ga ketinggalan berita atau kudet (kurang up to date). Kalo kata Syahrini, sih, usir cantik. Yap, Nokia meluncurkan fitur terbaru buat usir cantik sifat kudet lo! Penasaran? 

Tapi... Sebelum gue ngasih tau fiturnya, gue mau cerita dulu nih. Lo pernah ga dijulukin kudet sama temen-temen lo? Pernah ga ngalamin kejadian buruk gara-gara kudet? Pernah? Berarti lo senasib sama gue.

Jadi gini... Beberapa minggu yang lalu, gue ikutan lomba nulis cerpen horor buat dijadiin buku. Saat itu, gue udah semangat banget nulis, karena hadiah lombanya ga kira-kira, men. Tulisan lo bakal dimasukin ke dalam buku yang bakal diterbitkan ke seluruh Indonesia! Hebat, kan? Makanya, gue pengen banget menang. Tujuannya dua. Gue bakal terkenal dan gue bakal punya banyak uang. Dasar mata duitan. Singkat cerita, cerpen gue selesai dan gue ngirimin ke email akun yang ngadain lomba itu. Setelah beberapa minggu, gue bingung, kenapa lombanya belum diumumin juga... Pengen sih, nanya ke akun itu. Ya cuma itu, gengsi. Takutnya emang belum diumumin dan gue seakan-akan ngebet banget. Padahal belum tentu gue menang, kan. Akhirnya, hampir sebulan gue nungguin dan belum juga ada pengumuman. Karena penasaran, gue cek akun twitternya, tapi belum juga ada pengumuman tentang lomba. Nah, baru-baru ini, kalo ga salah hari minggu kemaren, gue baru berinisiatif buat ngecek forum akun yang ngadain lomba ini. Setelah gue liat, ternyata pengumumannya udah lama banget. Sekitar tanggal 7 Juni 2014. Dan pemenangnya...

Ga ada.

Kok bisa?! Iya. Soalnya, katanya semua naskah cerpen yang dikirim peserta lomba udah dikumpulin dan diserahkan ke penerbit. Ternyata, penerbitnya nolak. Alasannya, gaya tulisan cerpen horornya belum sesuai dengan apa yang diharapkan. Nge-se-lin. Ba-nget.

Gue geram banget waktu itu. Padahal udah berharap lebih, nungguin pengumuman lomba, eh ternyata pas udah ngeliat forumnya... Pengumumannya udah lama banget dan bukunya ga jadi diterbitin. Huft. Ternyata, karena akibat dari gue yang kudet, gue akhirnya memberi harapan pada diri sendiri. Salah gue juga, sih. Ga update. Soalnya selama ini gue jarang banget megang HP dan kalo gue ngecek pengumuman itu, ya cuma di twitter aja, bukan di forumnya. 

...

Sedih, kan? Udah ga jadi terkenal, ga jadi pula dapet banyak uang.

Tapi, gue ga boleh sedih lagi. Karena, buat nyembuhin ke-kudet-an gue ini, Nokia menawarkan solusinya! Penasaran? Penasaran aja ya, plis.

...

Nah waktunya gue ngasih tau lo fitur apa yang gue sebutin di atas tadi. Fiturnya adalah... Live Tiles!

Live Tiles adalah kotak-kotak berwarna-warni yang berada di homescreen. Kota-kotak itu bisa bergerak dan menampilkan update terbaru. Jadi lo gak akan melewatkan berbagai notifikasi penting, berita dan update dari akun-akun social media. Semuanya bisa dilihat/dibaca langsung dari kotak-kotak Live Tiles. Jadi, kalo pake Live Tiles ini, lo ga bakalan kudet kaya gue! Hm.

Berbagai aplikasi penting seperti email, Microsoft Office, Outlook dan HERE Maps bisa di-pin ke Live Tiles. Apalagi aplikasi chatting serta social media kaya WhatsApp, Line, KakaoTalk, Twitter, Facebook, Path dan Instagram. Semuanya bisa diakses dengan cepat hanya melalui satu start screen berkat Live Tiles. Keren, kan?

Fitur lain yang paling unik dari Live Tiles adala People Hub. Nah, People Hub ini adalah fitur yang bisa menampilkan semua informasi terbaru dari orang yang lo masukin ke favorite contacts. Semua informasi ter-update tentang mereka yang berhubungan dengan social media kaya Twitter, Facebook bakalan lo liat melalui Live Tiles. Termasuk SMS dan email. Jadi lo bener-bener bakalan jadi orang pertama yang tau tentang update terbaru mereka. Wah, cocok banget nih buat lo yang suka ngepoin gebetan. Atau, buat lo yang belum bisa move on, buat ngepoin mantan. Hahaha.

Fitur Live Tiles ini juga bisa diotak-atik, kok. Jadi, kalo lo mau aplikasi Twitter di kotak yang besar, terus WhatsApp sama Facebook di kotak-kotak kecil, gampang. Lo tinggal atur sendiri sesuka lo. Aduh, gue jadi pengen banget punya Nokia Lumia ini. 

Masih ada lagi, loh. Pengguna Nokia Lumia bisa memanfaatkan berbagai aplikasi keren seperti HERE Maps dan HERE Drive yang menampilkan peta kota-kota di seluruh dunia. Nah, buat jaga-jaga kalo mau travelling ke luar negeri, nih. Aamiin. Bagi yang suka streaming musik gratis, ada Nokia MixRadio. Cocok banget buat gue ini, mah. Soalnya gue suka banget sama musik. Kalau hobi foto-foto, manfaatkan Nokia Smart Cam. Nah, yang suka selfie, boleh tuh, selfie sepuas-puasnya. Hahaha. Terus, susun album momen berkesan secara interaktif melalui aplikasi Nokia Storyteller, deh. Nah, informasi ini gue dapet dari sini, ya.

Gue juga udah nanyain temen-temen yang punya Nokia Lumia ini. Katanya sih, emang enak banget makenya. Mempermudah, gitu. Mereka jadi jarang bahkan ga pernah ketinggalan berita dan jadi ga kudet. Apalagi kameranya, ah udahlah. Makin ngiler gue.

Jadi, tertarik ga buat beli Nokia Lumia? Udah siap buat usir cantik si kudet ini? Kalo gue sih... Honestly, lagi proses nabung buat beli. Doain cepet terkabul, ya! Jangan lupa, follow juga akun twitternya @NokiaIndonesia! Oh iya, artikel ini diikutsertakan dalam #Honestly Giveaway: Jangan kudet, dong!

Thanks a lot buat yang udah baca postingan ini, ya. See you next week, readers! \o/

2 comments:

  1. Adududuuh, kenapa enggak mencoba ke penerbit indi saja, Bel. Hiks. Atau, kalau enggak, kamu nulis cerpen lagi, diterbitkan sendiri. :)

    Makasih udah ikut berpartisipasi di GA saya ya, Bella. Maaf lho, baru berkunjung. :)
    TERDAFTAR. ^_*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe, gatau penerbit-penerbit, Mbak. Lagian belum terlalu PD buat ngirimin cerpen, gitu. Iya gapapa, makasih ya Mbak. :D

      Delete