Saturday 15 March 2014

Precious, Isn't It?

Punya sesuatu yang berharga? Atau sesuatu yang dulunya kalian anggap berharga? Kalo gue sih, banyak.
Orang tua gue, saudara gue, keluarga besar gue, pacar, sahabat, rumah, kacamata, tas, handphone, dan masih banyak lagi. Pernah merasa ga butuh lagi sama orang atau barang? Pernah jenuh atau bosen sama hal seperti itu? Kalo pernah, berarti…

Kalian belum pernah merasakan kehilangan.

Gue punya satu pengalaman, yang mungkin bisa kita jadikan pelajaran.


Saat itu gue kelas 8. Gue udah lupa tanggal berapa, pokoknya bulan maret tepat hari jumat. Sekitar jam setengah 2, setelah orang pulang sholat jumat, gue berencana buat pergi kerja kelompok bikin makalah fisika di rumah temen. Karena orang tua gue lagi pergi ke luar kota dan kakak gue belum pulang sekolah, akhirnya gue memutuskan buat naik ojek. Sebenernya, gue ga berani naik ojek di pangkalan deket rumah gue. Gatau kenapa, soalnya ga pernah. Tapi karena ga enak sama temen-temen, gue beraniin diri buat pergi.

Setelah ngunci rumah, gue pergi ke luar gang untuk cari ojek. Di jalan, gue megang hape sambil smsan. Saat itu belum ada firasat buruk. Tiba-tiba, dari belakang gue denger suara motor mendekat. Gue masih santai. Gue pikir, paling juga tetangga. Anehnya, gue ga berpikir buat ngeliat ke belakang atau mindahin hape ke tangan kiri. Padahal, biasanya gue noleh atau paling ga nyelametin hape. Tiba-tiba…


Sret.

Eh, ga enak banget ya bunyinya? Biarin.

Hape gue diambil dari tangan! Saat itu gue kira ada tetangga yang main-main gitu. Tolol emang gue. Pas gue liat, orang yang ngambil hape gue itu orang asing! Wah, paniklah gue. Gue langsung teriak. Tetangga gue ga ada yang keluar saat itu. Mungkin mereka pikir suara gue cuma suara anak kecil yang lagi main. Saat gue sadar ga bakal ada yang bantu, gue langsung ngelepasin tas yang gue pake. Kenapa? Gue mau ngejar dia, ngapain bawa-bawa tas? Berat. Pinter kan gue.

Gue langsung kejer dia. Gatau dateng dari mana, gue juga dulu gendut banget, tapi tiba-tiba kecepatan lari gue bertambah. Ngebut banget, broh. Motor yang gue kejar hampir aja dapet. Eh, karena udah sampe jalan raya, si penjambret hilang gatau ke mana. Kebetulan, rumah gue deketan sama rumah dinas kapolres. Gue larilah ke sana, ngaduin penjambret tadi sama pak polisi yang jaga di pos piket. Dengan wajah pucat dan panik, gue langsung ngejelasin kalo hape gue dijambret. Eh, yang bikin kesel, si pak polisi itu cuma bilang,

“Yaudahlah. Kan udah ilang juga.”

Kampret.

Gue kesel banget saat itu. Pengen nangis udah gabisa, gue udah bener-bener panik. Tiba-tiba, mungkin karena denger teriakan gue tadi, tetangga gue yang juga intel dateng bawa motor. Dia langsung nyuruh gue ikut dia buat cari si penjambret.

Entahlah, mungkin karena udah nasib gue, penjambret itu ga ketemu. Ah, kesel banget. Hape juga baru 3 bulan. Apalagi itu hape pertama gue yang buka bungkus. Mau tau merek apa? Nokia C3 keluaran terbaru saat itu, harganya juga masih jutaan. Sakit banget ini hati. Huft. Gue udah nunggu lama buat tuh hape tiba-tiba si penjambret ngambil aja dengan mudahnya. Ga punya hati emang, kaya mantan gue.  

Nah, setelah itu gue galau banget. Padahal biasanya, kalo hape gue jatuh juga gue biasa aja. Ada yang rusak gue biasa aja. Saat itu mungkin gue merasa ga butuh lagi sama hape ini. Eh ternyata, pas gue ngerasa kehilangan… Ternyata sakit juga ya.
Setelah itu gue baru sadar. Hilangnya sesuatu yang kita pikir ga penting dan ga kita butuhkan lagi ternyata bisa berdampak besar bagi kita. Kita baru ngerasain pentingnya sesuatu itu kalo kita udah merasa kehilangan. Menurut gue, rasa sayang kita sama sesuatu tuh gini.

Pas beli: 90%.

Udah lama make dan bosen: 20%.

Pas hilang: 110%.

Ya ga? Ya ga? Iyain aja, ya. Hal ini juga berlaku buat seseorang. Jadi bagi yang bosen sama pacarnya, yang sering melawan sama orang tuanya, yang bosen main sama temen yang itu-itu aja, berubah deh. Coba pikir lagi. Kalo kalian kehilangan mereka, gimana? Kalo mereka ga akan balik lagi ke kalian, gimana? Kalo mereka udah ga sayang lagi sama kalian, gimana? Eh, gue curcol.

Jadi, kesimpulan gue malam ini…

Jangan pernah menyia-nyiakan sesuatu, karena kamu akan tahu betapa berharganya itu ketika sudah kehilangan.


Last but not least, thanks yang udah baca blog gue. Ailopyupul, deh! Haha. Sampai jumpa di postingan selanjutnya. Xoxo!

2 comments:

  1. haha mau numpang nanyi ah "Kalau sudah tiada baru terasa" xD wkwk~
    jgn lupa mampir ya di http://coretanrisqi.blogspot.com/

    ReplyDelete