Wednesday 5 February 2014

Badmood?

Hai. Selamat pagi, siang, sore, dan malam. Gue lagi badmood, nih. Ga tau sih karena apa. Mungkin karena BB gue belum dibenerin, udah lama ga denger musik, galau, atau apapun. Kurang jelas sih kenapa gue badmood. Tapi yang pasti, gue badmood.

Tapi yang pasti, gue badmood.

Sengaja diulang, biar keren. Ehem. Oke, di postingan kali ini gue akan bahas masalah badmood.


Percaya ga percaya, orang yang badmood itu akan memperburuk suasana. Karena orang yang lagi ngerasain itu bakalan marah-marah ga jelas, cemberut, ga jawab kalo ditanya, dan lain-lain. Orang yang badmood akan mudah dikeroyok orang membuat orang tersinggung. Padahal, mereka belum tentu berniat kasar kepada orang yang berada di dekat mereka. Nah, alasan yang membuat orang badmood itu ada banyak. Gue bakalan bahas satu per satu di sini.



1.       Galau.
Yap. Gue udah pernah bahas masalah galau di postingan sebelumnya. Galau ini bakal berpengaruh banget sama mood kalian. Beneran. Terutama cewek, karena gue cewek. Biasanya sih, kalo orang abis putus, ga dihubungin pacarnya, ga disapa gebetan, di-PHP-in, bertepuk sebelah tangan atau whatever-lah, moodnya bakalan jelek. Dikit-dikit mau marah, karena keinget masalah sama cowoknya.


2.       Nilai anjlok.
Yang ini sih, cuma berlaku buat yang masih mentingin nilai. Kasarnya, ini buat anak yang rajin, pinter, dan takut dimarahin orang tuanya. Kalo lo bukan termasuk tipe ini, sih, gue ga tau ya. Nah, biasanya orang badmood karena masalah ini bakalan muncul setelah adanya ulangan harian, MID semester, ulangan semester, bahkan ujian nasional. Ada yang ngeluarin badmoodnya dengan cara nangis, ada yang cemberut, ada yang senggol dikit bacok, and the others.


3.       Keinginan yang ga dikabulkan.
Yang ini buat orang yang masih labil yang disebut remaja. Iya, gue juga gini kok. Kalo ga dibeliin sesuatu yang gue pengen, gue ga marah sama orang tua ataupun nyalahin keadaan. Gue cuma ngelampiasin kekesalan gue dengan cara: diem. Gue rasa kita semua yang remaja bakalan badmood kalo apa yang kita pengen ga dikabulin sama orang tua. Apalagi kalo di-PHP-in bokap nyokap. Wuih, rasanya… *isi sendiri*


4.       Ga dengerin musik dalam jangka waktu yang lama.
Nah, kalo ini berlaku buat gue. Gue gatau kalian juga ngerasain hal yang sama atau nggak. Tapi, beneran gue ga bohong, gue bakalan badmood kalo misalanya sehari aja ga ngeluangin waktu buat denger musik. Yeah, I do love music. Walaupun gue gabisa mainin alat musik tapi setidaknya gue suka banget nyanyi dan denger musik. Bahkan gue ga bisa belajar di rumah tanpa dengerin musik. Rasanya pelajaran yang sedang gue pelajari ga masuk-masuk ke otak. Walaupun sebenernya kalo lagi dengerin musik tetap ga masuk, sih. Ehem. Badmood yang ini mudah banget buat diilangin. Iya, kan tinggal dengerin musik aja.


5.       Berantem sama temen.
Do you believe it? Yap, berantem sama temen itu adalah hal yang paling buruk yang pernah gue rasain. Rasanya enakan berantem sama pacar daripada berantem sama temen. Kalo lo berantem sama pacar, kan bisa curhat sama temen. Nah, kalo lagi berantem sama temen? Emang pacar lo mau dengerin curhat lo? Paling dia bilang, yaudah ga usah dipikirin, kan masih ada aku. Hueks. Lo pikir semudah itu?
Menurut gue, ini tingkat badmood paling parah. Kalo gue lagi berantem sama temen, gue bisa sampe ga mau masuk sekolah. Ya itu, rasanya ga nyaman, bro. biasanya lo ke mana-mana bareng sama temen, eh sekarang, pas lagi berantem, lo ke mana-mana sendirian. Huft. Ga enak banget, kan? Belum lagi kalo temen lo kumpul sama temen yang lain terus ngerumpiin lo. Huft. Sial to the max.


Nah, dari 5 alasan yang gue tulis tadi, gue cuma punya satu solusi: senyum. Iya, menurut penelitian, gue gatau penelitian siapa, tersenyum, baik dipaksa maupun nggak, akan membuat perasaan kita jauh lebih baik. Tapi jangan keseringan juga, sih. Ntar dikira gila.

Kita juga harus mengendalikan emosi dan ga kasar sama orang lain. Walaupun lagi badmood. Setiap alasan yang buat kita badmood juga harus diselesaikan secara baik-baik. Satu lagi, kita juga harus bersyukur atas apa yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa. Buat apa sih badmood buat hal yang nggak penting? Enakan juga kita memperbaiki kesalahan apa yang telah kita perbuat, biar nggak badmood lagi. Kita bisa belajar dari kesalahan, ga berlarut-larut dalam kekesalan, dan…

Nggak badmood lagi.  

Sengaja diulang biar… Bukan, bukan biar keren.


Nah, jadi kalo badmood kita harus… Senyum. Menghadapi semua masalah dengan sabar. Ingat, kesabaran akan membuahkan hikmah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Aamiin.



Well, cukup segini postingan gue kali ini. Maaf kalo masih absurd dan ga jelas. Maklumin ya, masih newbie hehe. Thanks udah baca, jangan lupa tinggalin komen, and… See you! :D

6 comments: