Saturday 21 June 2014

Adil, Menurut L?

Telat ngepost lagi. Bosan ye denger kata telat? Haha sorry. Gue lagi sibuk banget emang *caelah* *padahal emang lagi ga mood*

Well, don’t worry. Gue ngepost kok malem ini haha. Jadi… Gue mulai aja ya. *apaan sih* *gue lagi gaje*


Pernah dengar kata adil?
Menurut lo, adil itu gimana sih?
Menurut guru PKN gue dulu, adil itu terbagi menjadi 3. Tapi ya itu, gue ga inget lagi haha. Jadi, gue bakal ngepost definisi adil menurut gue. Ini dia:

Yang pertama, adil itu kalo uang jajan gue sama kakak gue itu sama. Yes, gue beda 3 tingkat sama dia. Kalo dia kelas 1 SMA, gue kelas 1 SMP. Jadi, misalnya jajan dia 10 ribu, gue juga harus 10 ribu. Iya, adil buat gue. Buat kakak gue nggak.

Kedua, adil itu kalo misalnya lagi ulangan lisan, terus dipanggil menurut absen. Menurut gue itu adil banget. Toh, nomor absen gue 20. Iya, adil buat gue. Buat temen-temen gue nggak.

Ketiga, adil itu kalo lagi pelajaran matematika, biologi, kimia, dan fisika, nilai gue sama temen sekelas gue tinggi semua. Wah, pasti surga banget. Iya, adil buat kelas gue. Buat kelas lain nggak.

Keempat, adil itu kalo gue punya pacar dan temen gue single. Itu adil banget! Gue jadi bisa ngejekin mereka. Sayangnya, faktanya kebalik. Gue ga punya pacar, temen gue punya. Miris.

Kelima, adil itu kalo sekolah gue pulang cepet, sekolah lain nggak. Adil. Banget. soalnya, sekolah gue hampir ga pernah pulang cepet. Haha. Sekali-sekali dong, kita bisa pulang cepet. Iya, adil buat sekolah kita. Buat sekolah lain nggak.

Keenam, adil itu kalo misalnya lagi kumpul di lapangan, gue dapet bagian yang teduh, sedangkan temen-temen gue di tempat yang panas. Iya, adil buat gue. Buat temen-temen gue nggak.

Ketujuh, adil itu kalo lagi taruhan piala dunia, jagoan gue menang. Terus, uang gue jadi banyak. Iya, adil buat gue. Buat temen taruhan gue nggak.

Kedelapan, adil itu kalo kelas gue menang banyak perlombaan di sekolah. Pasti wali kelas gue senang banget. Apalagi, uang kelas kita pasti banyak. Iya, adil buat kelas gue. Buat kelas lain nggak.

Kesembilan, adil itu kalo misalnya lagi upacara di sekolah dan matahari lagi terik-teriknya, terus murid-murid berdiri di tempat panas dan guru-guru juga berdiri di tempat panas. Adil sih, buat murid-murid dan buat guru-guru. Tapi, itu nggak mungkin. Dan kenyataannya, guru-guru malah duduk di tempat teduh. NGGAK ADIL!

Yang terakhir… Adil itu kalo orang yang nyakitin kita ngerasain apa yang kita rasain. Kaya dapet karma, gitu.  Yang nyelingkuhin, diselingkuhin balik. Yang nge-PHP-in, di PHP-in balik, yang mutusin, diputusin balik. *eh. Itu adil yang bener-bener adil. Adil yang memang udah Allah takdirkan ke kita. *ups


Jadi, menurut gue… adil itu relatif. Tergantung siapa yang nilai, dan siapa yang ngerasain.



Nah, dari 10 definisi adil menurut gue di atas, yang mana yang cocok sama lo? Apa lo punya definisi adil yang lain? Adil, menurut L? :D

6 comments:

  1. Menurut aku ya kak, adil itu nempatin sesuatu tepat pada tempatnya. Misalnya, aku yang masih kelas 1 SMA dikasih uang jajan 10ribu, kakakku yang udah kuliah semester 2 dikasih uang jajan 20ribu per hari. Gitu kak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, mulia sekali hatimu dek. Kalo aku sih, enakan dikasih jajan sama:")

      Delete
    2. Enggak bisa gitu dong, kak. Adil itu kalo kita dapat sesuai dg proporsi kita. Kan kebutuhan aku sama kakakku beda, kak. Jadi, uang jajannya harus beda, kak. Gitu...

      Delete
    3. Emang kamu punya kakak, dek? Eh, ketauan ya kamu boongnya:")

      Delete
  2. Hahahahahaha benar semua. Adil itu ketika barang yang kita minta lebih dipenuhi daripada barang yang diminta oleh kakak/adik kita. Adil banget. :*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, +1. Haha. Itu yang paling adil, ya. Sayang, ga sesuai kenyataan. :( haha

      Delete