Tuesday 4 July 2017

Yoora's Diary Book Review!

Annyeong haseyo! He. Dah kayak akun-akun Korea gitu kan ya...

*skip*

Well, for your information, gue adalah seorang fans dari YouTuber Indonesia, Han Yoora. Han Yoora adalah seorang warga asli Korea yang sudah tinggal selama 13 tahun di Indonesia. Selain sebagai YouTuber, dia juga pernah bermain peran di salah satu sitcom di NET. TV, Kelas Internasional. Nah, baru-baru ini, YouTuber dengan lebih dari 500 ribu subscribers ini menerbitkan buku barunya yang berjudul Yoora's Diary. Wah, gimana tuh bukunya? Isinya apa aja? Yuk lanjut baca!

foto sore ini.

Buku yang mempunyai 300 halaman lebih ini berisi tentang banyak hal. Dari YouTube, passion, kehidupan Yoora, dan pastinya... Korea! Yoora's Diary adalah tipikal buku-buku YouTubers pada umumnya yang berisi tips-tips, pengalaman hidup, dan sebagainya. Tapi, buku ini memiliki poin plus yaitu Yoora mencantumkan cara belajar berbahasa Korea.

Awal baca buku ini, honestly, i got bored. Karena Yoora hanya menjabarkan definisi dan manfaat dari YouTube itu sendiri, bagaimana membuat channel YouTube yang baik, dan sebagainya. Hal ini memang sangat bermanfaat, sih. Tapi ekspektasi gue mengenai buku ini adalah isinya akan seperti personal literature. Tapi ternyata nggak sepenuhnya benar. Emang dasar gue-nya sih yang agak males kalo baca hal-hal yang formal gitu. :(

Nah, ternyata, setelah baca dan pindah ke halaman-halaman selanjutnya, isinya semakin seru! Gue jadi tau banyak banget kosakata dalam bahasa Korea karena hampir di setiap halaman pasti ada kolom untuk bahasa Korea. Terus, gue juga tau kebudayaan, cara menghormati, cara berbicara, dan kebiasaan orang Korea itu gimana. Yoora juga menyantumkan rekomendasi tempat makan, loh! Tenang aja, ada penjelasan halal dan haramnya, kok. Ada juga cerita pengalaman hidup Yoora semasa tinggal di Korea dan Indonesia yang belum pernah dia ceritakan di platform manapun. Bagian paling menyenangkan untuk kalian yang K-Popers adalah ada satu chapter untuk bahas tentang K-Pop! Ada cara nulis surat dalam bahasa Korea ke bias kalian juga gaes... Kurang apalagi, kan, ya.

Hal yang gue suka dari buku ini adalah cara Yoora menuliskannya. Gue sampai bisa ngebayangin suara Yoora saat baca buku ini karena Yoora benar-benar menulis dengan kalimat-kalimat yang sama dengan gaya bicaranya sehari-hari! Jadi, ya, nggak kaku-kaku amat, gitu. Terus, buku ini bisa banget kalian pakai untuk jadi guide kalo kalian pergi jalan-jalan ke Korea. Ada percakapan-percakapan ringan yang berguna banget kayak nanyain transportasi, nanya arah, nanya harga, bahkan nawar sekalipun! Keren, kan?

Overall, i give this book 8.5/10 rate! Cara penulisannya bagus, konten sangat bermanfaat, dan ilustrasinya menarik banget. Harganya yang 135 ribu rupiah ini setimpal banget sih sama buku. Recommended!

Well, thank you for reading. See you next month. Annyeonghi gyeseyo!

No comments:

Post a Comment